Hebat, Anak Papua Segera Luncurkan Brand Smartphone dan Laptop Karya Sendiri


Program Manager Bidang Teknologi PMI Elia Musa Rawar mengungkapkan peluncuran brand ini menjadi salah satu capaian dari organisasi pemuda Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan organisasi kepemudaan Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN). "Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, untuk masyarakat Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri," ujar Elia Rabu di Jayapura, Rabu, 15 Maret 2023.

Diungkapkan Armi, gadget dengan Brand TOP.ID ini akan diluncurkan secara resmi pada peresmian PYCH, 21 Maret 2023 oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Bapak Kepala BIN Budi Gunawan. TOP.ID sendiri merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. "Sistem operasi yang dikembangkan oleh siswa SMK di Papua ini didesain memiliki sistem pengamanan terhadap data pribadi yang tinggi selain tentunya memiliki fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan penggunaan Gadget Smartphone dan Laptop," jelasnya.

Peluncuran brand TOP.ID sendiri, akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo saat datang ke Papua bersamaan dengan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub sebagai wadah anak-anak muda Papua bebas berkreasi.

Sebelumnya, Elia Musa Rawar, Program Manager Bidang Teknologi organisasi pemuda Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan organisasi kepemudaan Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN) menambahkan," Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, untuk masyarakat Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri."

Para perakit smartphone dan laptop TOP.ID ini, dijelaskan Elmus, adalah anak-anak dari salah satu sekolah menengah kejuruan di Jayapura, Papua. "Sehari-hari mereka memang berbakat dalam bidang elektronik dan komputer juga. Jadi ketika kami bawa mereka untuk ikut pelatihan, untuk mengenalkan mereka bagaimana cara membuka hp, cara merakit hp dari zero hingga layak digunakan layaknya sebuah hp baru," jelas Elmus. Dalam peluncuran brand TOP.ID, Elmus menuturkan saat ini pihaknya tengah berusaha mendaftarkan merek TOP.ID sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Publish:| 2023-03-25| 05:27:06 WIT . Administrator|
Share Berita
Hubungi Kami